Jokowi Dorong Peningkatan Kerja Sama RI-Armenia di Bidang IT

Dimas Jarot Bayu
14 Januari 2020, 08:53
Jokowi Dorong Peningkatan Kerja Sama RI-Armenia di Bidang IT .
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Presiden Joko Widodo. Dalam pertemuannya dengan presiden Armedia di Abu Dhabi, Jokowi meminta agar kerja sama kedua negara di bidang teknologi informasi ditingkatkan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Armenia Armen Sarkissian di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), Senin (13/1). Dalam pertemuan tersebut, Jokowi meminta agar kerja sama Indonesia-Armenia di bidang teknologi informasi ditingkatkan dan menjadi salah satu prioritas kerja sama kedua negara.

Terlebih Jokowi mendengar, industri TI dan perusahaan rintisan (startup) berkembang cukup pesat di Armenia. "Industri start-up dan inovasi juga sedang berkembang di Indonesia dan masuk dalam sepuluh negara dengan jumlah unicorn terbanyak di dunia," kata Jokowi.

Menanggapi permintaan tersebut, Sarkissian menyatakan pihaknya siap bekerja sama. Apalagi, Armenia sudah memiliki memiliki sistem pendidikan berbasis TI. 

(Baca: Kunjungi Abu Dhabi, Jokowi Borong 16 Komitmen Investasi Rp 319 Triliun)

Adapun kerja sama tersebut, menurutnya dapat menguntungkan kedua negara. “Tentu saja kami bersedia bekerja sama dengan Indonesia di bidang teknologi informasi,” ucap Sarkissian.

Tak hanya itu, Jokowi juga meminta Armenia memiliki perjanjian perdagangan bebas dengan Uni Ekonomi Eurasia (Eurasian Economic Union). Sebab, perjanjian perdagangan bebas tersebut sangat penting guna memanfaatkan pasar yang besar, baik di Indonesia maupun Uni Ekonomi Eurasia yang sebesar 450 juta jiwa.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...