Menristek Minta Apple Bangun Akademi Teknologi di Seluruh Indonesia

Fahmi Ahmad Burhan
14 Januari 2020, 17:52
Menristek Minta Apple Bangun Akademi Teknologi di Seluruh Indonesia
ANTARA FOTO/REUTERS/Mike Segar
Ilustrasi, logo Apple Inc terlihat di pintu masuk toko Apple di 5th Avenue di Manhattan, New York, Amerika Serikat, Rabu (16/10/2019).

Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro ingin Apple membangun Apple Developer Academy di seluruh pulau besar Indonesia. Wadah pengembangan talenta digital itu baru ada di Jawa dan Sumatera.

Dua di antaranya di Pulau Jawa, yakni Tangerang dan Surabaya. Satu lainnya di Sumatera, tepatnya Nongsa Digital Park, Batam. "Saya berharap, nanti, paling tidak di setiap pulau besar itu ada satu," ujar Bambang saat menghadiri kelulusan Apple Developer Academy di Tangerang, Selasa (14/1).

Di Brasil misalnya, Apple sudah membangun 10 akademi. “Semoga nanti ada di Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi dan Papua," kata dia.

Bambang berharap, Apple Developer Academy menciptakan lebih banyak talenta digital di Tanah Air. Dengan begitu, lulusannya bisa menggantikan tenaga kerja asing di perusahaan-perusahaan digital.

Program besutan perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS) itu juga dinilai bisa meningkatkan jumlah wirausaha di Indonesia. (Baca: Menperin Harap Lulusan Apple Academy Bisa Rebut Pasar Digital)

Meski begitu, ia mendorong perusahaan teknologi lain menggelar program Pendidikan serupa. Sebab, Indonesia diprediksi kekurangan 600 ribu Sumber Daya Manusia (SDM) digital per tahun.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...