Lulusan Akademi Apple Buat Aplikasi Mudahkan Tunanetra Berbelanja

Fahmi Ahmad Burhan
15 Januari 2020, 12:47
Lulusan Akademi Apple Buat Aplikasi Mudahkan Tunanetra Berbelanja
instagram/@temannetra
Ilustrasi aplikasi teman netra

Salah satu lulusan Apple Developer Academy di Indonesia membuat aplikasi yang memudahkan penyandang tunanetra berbelanja. Aplikasi itu diberi nama Teman Netra.

Salah satu pengembang aplikasi Teman Netra Savitri Nurhayati mengatakan, penyandang tunanetra seringkali kesulitan membeli produk makanan di pasar swaslayan. Karena itu, aplikasi ini dirancang untuk memudahkan pengguna mengidentifikasi teks.

Aplikasi itu menggunakan kamera pada ponsel untuk membaca teks di kemasan produk. Lantas, aplikasi mengubah teks menjadi suara. Dengan begitu, pengguna bisa mengetahui informasi seputar produk.

"Aplikasi ini membantu mengidentifikasi, mengarahkan posisi, dan membaca teks yang ada pada produk," ujar Savitri di Tangerang, kemarin (14/1). Aplikasi ini sudah tersedia di App Store.

(Baca: Mahasiswi Yogyakarta Binaan Google Kembangkan Aplikasi bagi Difabel)

Aplikasi itu juga dirancang untuk membaca teks berukuran kecil. Dengan begitu, pengguna bisa memahami isi dari surat, brosur, menu restoran maupun nominal uang.

Apple Developer Academy pun telah meluluskan 194 siswa. Mereka membuat 36 aplikasi. Selain Teman Netra, aplikasi buatan lulusan akademi Apple di Indonesia yang menarik yaitu Qiroah.

Aplikasi Qoriah bertujuan mendukung metode belajar membaca Al-Quran secara tatap muka (talaqqi). Pengguna bisa mendengarkan frasa dan berlatih pengucapan ayat-ayat Al-Quran melalui aplikasi ini.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...