Pengguna Diminta Beralih, Windows 10 Microsoft Justru Rentan Malware

Cindy Mutia Annur
15 Januari 2020, 15:59
Pengguna Diminta Beralih, Windows 10 Microsoft Justru Rentan Malware
marketingland.com
Ilustrasi Microsoft.

Microsoft mengimbau pengguna beralih atau upgrade dari Windows 7 menjadi Windows 10. Namun, Badan Keamanan Nasional (National Security Agency/NSA) Amerika Serikat (AS) mengatakan, sistem operasi (Operating System/OS) itu rentan terjangkit virus atau malware.

Bagian kriptografi Windows, yang dikenal sebagai CryptoAPI dinilai rentan. Komponen berusia puluhan tahun itu memungkinkan pengembang menandatangani perangkat lunak secara digital.

Komponen itu bisa diserang bug. Tanda tangan digital yang ‘cacat’ karena terserang bug itu bisa dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Peretas bisa mengirimkan konten berbahaya melalui tanda tangan palsu itu, dan membuatnya tampak aman. "Pengguna tidak akan mengetahui file itu berbahaya, karena tanda tangan digital tampaknya berasal dari penyedia tepercaya," kata Microsoft dikutip dari TechCrunch, Rabu (15/1).

(Baca: Tak Lagi Didukung Microsoft, Begini Cara Perbarui Windows 7 Jadi 10)

Meski begitu, perusahaan teknologi itu mengaku telah merilis patch keamanan untuk menangani komponen yang rentan ini. Sejauh ini, Microsoft belum menemukan bukti adanya tanda tangan digital yang disusupi bug.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...