Target Untung, Fintech Akseleran Incar Investasi Rp 273,6 M Tahun Ini

Desy Setyowati
Oleh Desy Setyowati - Fahmi Ahmad Burhan
15 Januari 2020, 13:28
Target Untung, Fintech Akseleran Incar Investasi Rp 273,6 M Tahun Ini
akseleran
Manajemen Fintech Lending Akseleran saat konferensi pers

Perusahaan teknologi finansial bidang pembiayaan (fintech lending) Akseleran menargetkan, bisa mendapat investasi US$ 20 juta atau sekitar Rp 273,6 miliar pada Kuartal III 2020. Pada akhir tahun lalu, startup ini juga mendapat pendanaan seri A US$ 8,55 juta atau sekitar Rp 117 miliar.

Pendanaan pada akhir 2019 itu dipimpin oleh Beenext. Anak usaha Bank Central Asia (BCA), Central Capital Ventura (CCV), Access Ventures, Agaeti Venture Capital, serta konglomerat lokal di Ahabe Group juga terlibat dalam investasi itu.

Advertisement

Pendiri sekaligus CEO Akseleran Ivan Tambunan  mengatakan, dana segar itu akan digunakan untuk meningkatkan tim, investasi terkait teknologi, dan menggaet lebih banyak Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Ia pun menargetkan perusahaannya bisa meraup untung.

“Pendanaan di Kuartal III kami target US$ 15 juta sampai US$ 20 juta. Pada 2021, kami targetkan raup untung,” kata Ivan saat konferensi pers di Jakarta, hari ini (15/1).

Ivan mengatakan, pendanaan yang didapat pada akhir tahun lalu mencukupi untuk operasional. Karena itu, perusahaan baru akan mencari tambahan modal pada Kuartal III 2020.

(Baca: Target Untung, Startup Asal India OYO PHK Ribuan Karyawan)

Akseleran telah menyalurkan pinjaman Rp 706 miliar per akhir tahun lalu. Nilai itu meningkat empat kali lipat dibanding 2018, yang sebesar Rp 210 miliar. Jika dihitung sejak 2017, perusahaan telah memberikan pembiayaan Rp 966 miliar.

Total pinjaman yang disalurkan itu memang di bawah target Rp 1 triliun pada 2019. Ivan menjelaskan, hal itu terjadi karena kredit bermasalah (non performing loan/NPL) meningkat setelah hari raya Idul Fitri.

“Kami lakukan improvement,” kata Ivan. Alhasil, NPL Akseleran turun 1,1% menjadi 0,7% saat ini.  (Baca: Akseleran Dikabarkan Dapat Pendanaan Rp 11,9 M dari Modal Ventura AS)

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement