Sri Mulyani Sebut Kesepakatan Dagang AS-Tiongkok Beri Kepastian Global

Agatha Olivia Victoria
16 Januari 2020, 13:45
Sri Mulyani Sebut Kesepakatan Dagang AS-Tiongkok Beri Kepastian Global.
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (kanan) dan Wakil Menteri Suahasil Nazara (kiri). Sri Mulyani menilai kesepakatan dagang AS-Tiongkok bisa mmberikan kepastian perekonomian global.

Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok resmi meneken kesepakatan dagang fase pertama,Rabu (15/1) waktu setempat. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai, hal tersebut merupakan langkah awal yang baik dalam memberikan kepastian bagi perekonomian global.

"Kita lihat kalau agreement ini bisa bertahan, saya rasa itu akan menimbulkan suatu kepastian," kata Sri Mulyani saat ditemui di The Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Kamis (16/1).

Dirinya berharap, perdamaian antara AS dan Tiongkok bisa terus bertahan. "Agar tidak terjadi lagi ketidakpastian yang sangat tinggi," ujarnya.

(Baca: Dibuka Menguat, Rupiah Berpotensi Melemah Usai Euforia Damai Dagang)

Seperti diketahui, perseteruan AS dan Tiongkok yang kerap berakhir dengan perang tarif terjadi selama lebih dari 18 bulan. Seteru dua negara dengan perekonomian tersbesar dunia itu telah menimbulkan ketidakpastian di duia baik di sektor perdagangan, pasar keuangan dan sebagainya.

Dengan ditekennya perjanjian perdagangan antara AS dan Tiongkok pada Rabu kemarin diharapkan menjadi babak baru membaiknya hubungan kedua negara.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...