Didukung Investor Singapura, Startup Gredu Target Gaet 600 Sekolah

Cindy Mutia Annur
20 Januari 2020, 20:18
Didukung Investor Singapura, Startup Gredu Target Gaet 600 Sekolah di Indonesia
Katadata/cindy mutia annur
(ki-ka) CTO Gredu Moh Fachri, CEO Gredu Rizky Anies, COO Gredu Ricky Putra, dan COI Gredu M Arya Nugraha.

Startup pendidikan, Gredu menargetkan bisa menggaet 600 sekolah di Indonesia hingga akhir tahun ini. Perusahaan rintisan itu sudah mendapat pendanaan pra-seri A dari investor asal Singapura, Vertex Ventures.

CEO Gredu Rizky Anies menjelaskan, perusahaannya menyediakan aplikasi untuk sekolah, guru, murid, dan orang tua. Aplikasi-aplikasi itu terintegrasi dalam satu sistem manajemen.

Advertisement

Perusahaan rintisan itu menyasar siswa dan sekolah mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Sejauh ini, Gredu berkolaborasi dengan 200 sekolah negeri dan swasta di DKI Jakarta, Banten, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau.

Lebih dari 70% di antaranya merupakan sekolah negeri. “Target 500-600 sekolah. Kami realistis dulu, mau menekankan bukan hanya lingkup sekolah tetapi sampai nasional,” kata Rizky di Jakarta, Senin (20/1).

Untuk mencapai target itu, perusahaan berfokus melakukan sosialisasi ke beberapa kota di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali hingga Nusa Tenggara Timur (NTT). Di Indonesia, perusahaan ini bersaing dengan startup sejenis seperti Ruangguru, HarukaEdu, Zenius, dan lainnya.

(Baca: Setelah Vietnam, Ruangguru Bakal Rambah Satu Negara Tahun Ini)

Gredu berdiri pada 2016. Namun, perusahaan berfokus meriset pasar sehingga baru meluncurkan produk pada 2018.

Saat ini, Gredu memiliki empat produk utama di aplikasi yang berbeda. Pertama, School Management System yakni aplikasi administrasi untuk mengakses, mengolah, dan menyajikan data secara ringkas. Aplikasi ini bertujuan meringankan beban kerja administrasi sekolah.

Kedua, Gredu Teacher yaitu aplikasi guna memudahkan guru memantau kehadiran murid, membuat soal ujian dan menilainya, serta merencanakan aktivitas kelas.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement