Kurs Rupiah Stabil 13.600/US$ Disokong Perdamaian AS-Tiongkok

Agatha Olivia Victoria
20 Januari 2020, 09:39
Nilai tukar rupiah, kurs rupiah, kurs dollar Rupiah
Arief Kamaludin|Katadata

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) masih perkasa. Nilai tukar rupiah terpantau bergerak stabil di kisaran Rp 13.600 per dolar AS. Membaiknya hubungan dagang AS dan Tiongkok disebut-sebut sebagai faktor yang menyokong penguatan nilai tukar mata uang.  

Mengacu pada data Bloomberg, nilai tukar rupiah dibuka pada level 13.640 per dolar AS, menguat tipis 0,04% dibandingkan penutupan sehari sebelumnya. Nilai tukar rupiah saat ini merupakan yang terkuat sejak Februari 2018.

Advertisement

Sedangkan saat berita ini ditulis, nilai tukar rupiah sedikit melemah ke level 13.653 per dolar AS. Ini artinya, terdepresiasi 0,06% dari penutupan sehari sebelumnya.

(Baca: Pemerintah Pastikan Kurs Rupiah Tak Akan Dibiarkan Menguat Cepat)

Nilai tukar mata uang Asia lainnya terhadap dolar AS juga cenderung stabil, dengan pelemahan dan penguatan kurang dari 0,2%. Peso Filipina, dolar Singapura, dan dolar Hong Kong menguat 0,01%. Sedangkan pelemahan terbesar dialami rupe India 0,21%, diikuti ringgit Malaysia 0,1%.

Vice President Monex Investindo Futures Ariston Tjendra menilai, membaiknya hubungan dagang AS dengan Tiongkok masih akan menjadi sentimen positif. "Sehingga masih menjadi market mover penguat nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pekan ini," kata dia kepada Katadata.co.id, Senin (20/1).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement