Dirut Inalum Harap Divestasi Saham Vale Rampung Kuartal Ketiga 2020

Image title
21 Januari 2020, 09:26
Inalum, Vale Indonesia, INCO
Kementerian BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir menunjuk Orias Petrus Moedak (Kiri) sebagai Direktur Utama PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum). Orias menyebut divestasi saham Vale Indonesia (INCO) rampung pada kuartal ketiga tahun ini.

PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) optimistis dapat menyelesaikan divestasi saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO) pada kuartal ketiga tahun ini. Pasalnya, Inalum dan Vale telah sepakat nilai valuasi.

Direktur Utama Inalum Orias Petrus Moedak menyebut proses divestasi 20% saham Vale sudah masuk tahapan persetujuan pemegang saham. Dia yakin persetujuan internal dari pemegang saham Inalum bisa didapat pada bulan ini.

Sedangkan persetujuan dari pemegang saham Vale bisa didapat pada Februari 2020. "Angkanya sudah sepakat, tinggal approval internal masing-masing," kata Orias di Kantor Pusar Inalum Tanjung Kuala, Sumatera Utara, Senin (20/1).

Jika persetujuan internal sudah didapat dari masing-masing pemegang saham, maka Inalum dan Vale akan menandatangani kesepakatan berupa Conditional Sales Purchase Agreement (CSPA) pada triwulan pertama tahun ini. Selanjutnya Inalum punya waktu hingga September 2020 untuk menyelesaikan pembayaran.

"Tandatangan Maret, enam bulan berikutnya kami bayar. Jadi kesepakatan beres triwulan pertama, pembayaran triwulan ketiga. Kalau semua approval lengkap," ujar Orias.

(Baca: Holding BUMN Tambang Siapkan Belanja Modal Rp 25 Triliun Tahun Ini)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...