Kebut Proyek Kilang, Pertamina Rangkul Barata hingga Krakatau Steel

Image title
21 Januari 2020, 12:01
kilang pertamina, proyek kilang rdmp, kilang grr, pertamina, barata, krakatau steel
(Dari kiri ke kanan) Dirut Krakatau Steel Silmy Salim, Dirut Barata Indonesia Fajar Harry Sampurno, Dirut Pertamina Nicke Widyawati, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kementrian Perindustrian Harjanto dan Direktur Komersil Rekayasa Industri Qomaruzzaman saling menyatukan tangan seusai penandatangan komitmen bersama di Workshop Barata Indonesia, Gresik, Jawa Timur, Senin (20/1/2020). Kerjasama tersebut program percepatan pembangunan kilang Pertamina.

Pertamina berencana untuk melibatkan industri dalam negeri untuk mempercepat proses pembangunan kilang pada sejumlah proyek seperti Refinery Development Master Plan (RDMP) dan Grass Root Refinery (GRR).

Untuk keperluan tersebut, Pertamina telah membentuk Tim Percepatan Pembangunan Kilang PT Pertamina (TP2KP) bekerja sama dengan PT Barata Indonesia selaku Tim Percepatan Pengembangan Industri Manufaktur serta didukung PT Rekayasa Industri, PT Krakatau Steel, dan terutama Asosiasi Fabrikator Indonesia (AFABI).

Advertisement

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan proyek RDMP dan GRR Pertamina yang memiliki nilai investasi hampir Rp 800 triliun merupakan peluang besar bagi industri nasional untuk berpartisipasi semaksimal mungkin sehingga dapat menumbuhkan kemandirian manufaktur dalam negeri.

“Kesempatan ini harus ditangkap karena proyek sebesar ini tidak akan pernah terjadi lagi kapan pun dan di belahan dunia mana pun,” ujar Nicke berdasarkan keterangan tertulis, Selasa (21/1).

(Baca: Percepat Pengembangan Kilang Balikpapan, Pertamina Gandeng Mubadala)

Adapun proyek-proyek tersebut tersebar di beberapa lokasi yakni Dumai, Plaju, Cilacap, Balongan, Balikpapan, Tuban, dan wilayah lainnya di Indonesia Timur. Seluruh proyek ini sudah berjalan hingga tahun 2027.

Lebih lanjut Nicke menambahkan, proyek RDMP/GRR Pertamina memerlukan pembangunan fasilitas penunjang lainnya seperti storage dan kapal. Hal itu menjadi kesempatan langka bagi industri dalam negeri karena menciptakan kebutuhan yang banyak.

Adapun pengadaan peralatan merupakan salah satu porsi terbesar yang berpengaruh pada percepatan pembangunan kilang Pertamina sehingga diperlukan peningkatan peran industri manufaktur dalam negeri.

"Meningkatnya peran serta industri manufaktur dalam negeri secara tidak langsung akan mendukung program Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang dicanangkan oleh Pemerintah," kata Nicke.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement