Tunggu Bank Turunkan Bunga Kredit, BI Diramal Tahan Bunga Acuan

Agatha Olivia Victoria
23 Januari 2020, 11:26
suku bunga BI, prediksi suku bunga BI, suku bunga acuan BI, Bank Indonesia
Arief Kamaludin|KATADATA

Bank Indonesia (BI) akan mengumumkan kebijakan suku bunga acuan BI-7 Day (Reverse) Repo Rate pada Kamis (23/1). Beberapa ekonom memprediksi BI masih akan menahan suku bunga acuan di level 5%.

Direktur Riset Center Of Reform on Economics Piter Abdullah Redjalam mengatakan BI sebaiknya memberi waktu bagi perbankan untuk merespons dulu penurunan bunga acuan sebelumnya.

Tahun lalu, BI telah menurunkan suku bunga acuannya sebanyak empat kali sebesar 100 basis poin (bps). Namun, "Sampai saat ini penurunan suku bunga kredit masih sangat lambat," kata dia kepada katadata.co.id, Kamis (23/1).

(Baca: BI Diprediksi Tahan Suku Bunga, Rupiah Dibuka Menguat)

Ke depan, Piter berpendapat BI masih memiliki ruang untuk melanjutkan penurunan suku bunga. "Mengingat nilai tukar rupiah yang dalam tren penguatan, sementara tingkat inflasi juga sangat rendah," ujarnya.

Senada, Ekonom Permata Bank Josua Pardede juga memprediksikan BI akan kembali mempertahankan suku bunga acuan di level 5%. Meskipun, tingkat inflasi cenderung terkendali. "Dan nilai tukar rupiah cenderung menguat terhadap dolar AS ditopang oleh aliran modal asing di pasar keuangan domestik," kata Josua kepada Katadata.co.id.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...