Ingin Pacu Produksi, SKK Migas Terganjal Sumur Minyak Tak Bepenghuni

Image title
23 Januari 2020, 12:07
skk migas, sumur migas, blok migas
Katadata
Ilustrasi kegiatan hulu migas. SKK Migas hari Rabu (22/1) mengatakan mereka menghadapi kendala dalam memacu produksi minyak dari sumur tua. Salah satunya adalah adanya sumur yang tidak berpenghuni.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menghadapi kendala dalam memacu produksi minyak dari sumur tua. Salah satunya adalah adanya sumur yang tidak berpenghuni alias tidak ada Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang mengoperasikan.

Deputi Operasi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi Julius Wiratno mengatakan sebenarnya jika sumur minyak kecil yang berhasil dikembangkan banyak, maka produksi dapat dinaikkan. Namun ternyata masih ada kendala yang terjadi dalam reaktivasi sumur tua.

Advertisement

"Masalahnya itu ada wilayah kerja yang tidak ada operatornya. Ada yang masih open area, tanah yang tidak punya tuannya yakni KKKS. " ujar Julius, Rabu (22/1).

(Baca: SKK Migas Sebut Repsol Paling Agresif Eksplorasi Migas di Indonesia)

Julius mengatakan sebaran sumur tua mayoritas terletak pada wilayah kerja Pertamina EP. Makanya, anak usaha Pertamina telah menggandeng mitra untuk kerja sama operasi bersama dalam mengelola sumur tua. "Ada sifatnya yang dikerjasamakan dengan (skema) kerja sama operasi (KSO),” ujar Julius.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement