Direksi Garuda Buat Pakta Integritas, Ada Sanksi Pelecehan Seksual

Image title
24 Januari 2020, 19:24
Cegah Penyalahgunaan Wewenang, Direksi Garuda Bentuk Pakta Integritas.
Facebook/Irfan Setiaputra
Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra. Perusahaan akan membentuk kesepakatan bersama atau pakta integritas dengan serikat pekerja.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menyatakan perusahaan akan membentuk kesepakatan bersama atau pakta integritas dengan serikat pekerja. Kesepakatan ini dibentuk mencegah penyalahgunaan wewenang pimpinan terhadap bawahan di tubuh perusahaan. 

Ia menjelaskan pakta integritas tersebut nantinya akan membatasi atau melarang tindakan-tindakan tertentu yang dianggap menyalahi wewenang pimpinan maskapai pelat merah tersebut.

"Kami sudah sepakat semalam akan ada pakta integritas. Kami akan membatasi atau melarang tindakan tertentu," kata Irfan saat ditemui di Kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jumat (24/1).

(Baca: Komisaris Garuda Yenny Wahid Janji Lindungi Karyawan dari Penindasan)

Selain itu, dalam kesepakatan tersebut juga akan dimasukan poin terkait kasus pelecehan seksual. Menurutnya, hal tersebut merupakan tindakan yang sangat tidak bisa diamaafkan. Hal ini bisa terjadi kepada siapa saja, termasuk awak kabin Garuda.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir merombak sejumlah jajaran manajemen Garuda Indonesia. Beberapa nama yang didapuk menjadi pimpinan maskapai itu di antaranya adalah Irfan Setiaputra sebagai Direktur Utama, Triawan Munaf sebagai Komisaris Utama Garuda Indonesia dan politisi Yenny Wahid sebagai Komisaris Independent.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...