Harga Emas Dunia Terus Meningkat, Logam Mulia Antam Naik Rp 6.000/Gram

Image title
27 Januari 2020, 09:46
harga emas, virus corona
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Warga menunjukkan emas batangan 25 gram sebelum dijual di Butik Emas Logam Mulia Antam, Bandung, Jawa Barat, Rabu (8/1/2020). Harga emas pada Senin (27/1) sebesar Rp 774 ribu per gram, naik Rp 6.000 per gram dari pedagangan akhir pekan lalu.

Harga emas dunia meningkat dalam dua minggu terakhir setelah merebaknya virus corona yang bermula dari Tiongkok. Penyebaran virus tersebut diproyeksi akan mempengaruhi ekonomi dunia sehingga investor memilih berinvestasi pada logam mulia.

Harga emas dunia terus menguat sejak 8 Januari 2020 di posisi US$ 1.586,42 per ounce. Berdasarkan data dari Bloomberg, harga emas pada Senin (27/1) pukul 09.20 WIB telah mencapai US$ 1.581,54 per ounce.

Advertisement

Corona virus yang baru telah menewaskan 80 orang di Tiongkok dan menginfeksi lebih dari 2.000 orang. Masyarakat di Provinsi Hubei, tempat virus itu berasal, telah dilarang memasuki Hong Kong.

Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok pada Minggu (26/1) waktu setempat juga menyatakan transmisi virus corona semakin kuat dan infeksi bisa saja terus berlanjut. Pemerintah Tiongkok memperpanjang libur Tahun Baru Imlek karena virus tersebut.

Permintaan terhadap emas batangan di mayoritas negara Asia pun meningkat pada pekan lalu. Selain karena virus corona, perayaan Tahun Baru Imlek juga meningkatkan permintaan terhadap logam mulia.

(Baca: Tahun Baru 2020, Tiga Investasi Ini Dinilai Tepat untuk Milenial)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement