Meski Virus Corona Merebak, IHSG Diramal Berpeluang Menguat

Image title
28 Januari 2020, 07:20
Dibayangi Virus Corona, IHSG Masih Diprediksi Menguat
Pekerja berjalan di dekat monitor pergerakan bursa saham. IHSG hari ini diprediksi menguat kendati marak kabar mengenai penyebaran virus corona.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Selasa (28/1) diprediksi bergerak menguat setelah kemarin ditutup terkoreksi hingga 1,78% di level 6.133,21. Meski demikian, analis menyebut, penyebaran virus corona masih menjadi sentimen yang berpotensi membatasi pergerakkan indeks saham hari ini. 

"Investor masih akan terfokus pada perkembangan penyebaran corona virus di Tiongkok dan potensi dampaknya seperti apa terhadap demand komoditas," kata analis Reliance Sekuritas Indonesia, Lanjar Nafi dalam risetnya.

Dikutip dari Reuters, pemerintah Tiongkok kemarin mengkonfirmasi terdapat lebih dari 2.700 kasus infeksi virus corona. Korban tewas akibat wabah tersebut kini mencapai 81 orang.

Advertisement

Amerika Serikat (AS) dan Kanada telah mengeluarkan peringatan perjalanan (travel warning) bagi warganya yang ingin berpergian.

Penyebaran virus yang diduga berasal dari kota Wuhan, Tiongkok ini menyebabkan saham global jatuh, harga minyak mencapai titik terendah dalam tiga bulan, dan yuan merosot ke level terlemah. Investor khawatir virus tersebut bakal berdampak terhadap ekonomi Tiongkok lantaran terdapat larangan perjalanan dan liburan panjang Tahun Baru Imlek.

(Baca: Virus Corona Bikin Investor Waswas, IHSG Anjlok 1,78%)

Meski demikian, dia memperkirakan IHSG secara teknikal berpeluang menguat di level support dan resistance di rentang 6.120 hingga 6.200.

Saham-saham yang masih dapat dicermati secara teknikal di antaranya PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR), PT Vale Indonesia Tbk (INCO), PT Sarana Menara Nusantara (TOWR), PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG), PT Salim Ivomas Pratama Tbk (SIMP) dan PT Summarecon Agung Tbk (SMRA).

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement