IDE Katadata: Para Menteri & Pengusaha akan Bahas Lanskap Baru Ekonomi

Happy Fajrian
28 Januari 2020, 22:01
katadata ide 2020, indonesia data and economic conference 2020,
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Katadata IDE 2020 akan membahas lanskap baru ekonomi Indonesia dengan tema "Indonesia’s New Landscape: Challenge and Opportunities”, di Hotel Indonesia Kempinski, Kamis 30 Januari 2020.

Katadata akan menggelar Indonesia Data and Economic Conference 2020 (IDE Katadata). Pada acara ini pemerintah dan pelaku usaha akan membahas tantangan berat perekonomian yang berasal dari dalam dan luar negeri setelah periode 100 hari pertama pemerintahan Presiden Joko Widodo, serta perkembangan teknologi dan data yang mengubah lanskap ekonomi Indonesia.

Acara tahunan Katadata yang akan digelar pada Kamis 30 Januari 2020 di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, ini mengangkat tema “Indonesia’s New Landscape: Challenge and Opportunities”.  CEO dan Co-founder Katadata, Metta Dharmasaputra, mengatakan bahwa ekonomi global tahun ini diprediksi tumbuh lebih rendah, beberapa negara mengalami resesi, dan perang dagang yang berlanjut.

Advertisement

“Bagaimana pemerintah dan pelaku usaha menghadapi dan menjawab berbagai tantangan tersebut sehingga menjadi peluang-peluang baru. Inilah yang akan menjadi topik di IDE Katadata 2020,” kata Metta di Jakarta, Senin (27/1).

Tema besar mengenai tantangan dan peluang dari lanskap baru Indonesia tersebut dibahas dalam 14 sesi oleh lebih 40 pembicara dari berbagai latar belakang, mulai dari menteri, kepala daerah, pemimpin perusahaan dan startup hingga akademisi.

(Baca: IDE Katadata 2020 Bakal Hadirkan Finalis Pulitzer & Puluhan Pembicara)

Para menteri dan wakil menteri yang direncanakan menjadi pembicara kunci (keynote speaker) di antara lain, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang akan memaparkan kondisi geopolitik terkini dan pengaruhnya ke Indonesia; Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan mengenai upaya mendorong investasi; dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo tentang industrialisasi pertanian.

Salah satu sesi menarik adalah “The Rise of Asia”, yang menampilkan dua pengusaha papan atas dari generasi berbeda: Pendiri Lippo Group Mochtar Riady dan Co-Founder Northstar Group Patrick Walujo. Mereka akan membahas mengenai transformasi ekonomi dan peluang Indonesia dalam memanfaatkan Abad Asia yang ditandai dengan kebangkitan Tiongkok dan India.

Tiongkok saat ini merupakan negara dengan produk domestik bruto (PDB) terbesar di dunia, sedangkan India nomor ke-3. Adapun, Indonesia akan menjadi negara dengan PDB terbesar ke-7 di dunia pada  2020 dan masuk 5 besar dunia pada 2030.

Ekonomi digital dan pemanfaatan data juga menjadi salah satu bahasan sentral dalam IDE Katadata 2020 ini. Mengangkat tema “Big Data: New Capital for Growth”, sesi diskusi panel mengenai pemanfataan data tersebut menghadirkan Diretur PT Astra Indonesia Paulus Bambang, Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata dan Vice President Marketing Halodoc Felicia Kawilarang Aluwi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement