SBY Minta Pemerintah Investigasi 7 Hal untuk Bongkar Kasus Jiwasraya

Ameidyo Daud Nasution
28 Januari 2020, 15:41
sby, jiwasraya, korupsi
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (kiri) hari Senin (7/1) meminta pemerintah investigasi kasus Jiwasraya untuk mengetahui 7 hal.

Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta pemerintah menginvestigasi 7 hal terkait kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya. Menurut SBY pemeriksaan ini penting untuk mengungkap semua penyimpangan dan kesalahan yang terjadi.

Ketua Umum Partai Demokrat itu ingin perbaikan menyeluruh dalam manajemen dan akuntabilitas keuangan BUMN itu di masa sulit. Hal pertama adalah menginvestigasi jumlah jebolnya keuangan Jiwasraya. “Betulkah kerugian Jiwasraya Rp 13,7 triliun, "kata SBY dalam keterangan tertulisnya, Senin (28/1).

Advertisement

(Baca: SBY Kritik Pihak yang Hambat Pembentukan Pansus Jiwasraya)

Hal kedua adalah mengetahui mengapa Jiwasraya mengalami kerugian serta menempatkan dana pada saham yang berkinerja buruk. “Apakah ini disengaja karena ada yang ingin mengambil keuntungan pribadi,” kata SBY.

Ketiga, mengetahui siapa yang menyebabkan perusahaan asuransi pelat merah itu merugi. Apakah betul hanya lima orang atau ada aktor intelektual yang bekerja di belakang. “Ini penting agar negara tidak salah mengadili dan menghukum seseorang,” kata dia.

Keempat, mengetahui apakah ada uang yang mengalir untuk dana Pemilihan Umum 2019. Ini untuk mengetahui apakah dana ini dipakai guna memenangkan partai politik atau tim kandidat presiden. SBY mengatakan dia pernah menerima tuduhan ini ketika kasus Bank Century satu dekade lalu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement