SKK Migas: Pembelian Hak Kelola jadi Jalan Keluar Transisi Blok Rokan

Image title
28 Januari 2020, 15:10
SKK Migas, Pertamina, Chevron, Blok Rokan
Ilustrasi, logo Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dalam acara Gas indonesia Summit & Exhibition 2019 di JCC, jakarta Pusat (1/8). SKK Migas menyebut pembelian hak partisipasi Chevron di Blok Rokan oleh Pertamina menjadi jalan keluar untuk transisi.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyatakan Pertamina memang berencana membeli hak partisipasi Chevron di Blok Rokan.  Opsi itu menjadi skema terakhir upaya transisi di blok minyak yang berada di Provinsi Riau tersebut.

Pasalnya, Pertamina ingin mulai investasi di Blok Rokan pada tahun ini. Chevron pun terbuka dengan rencana perusahaan pelat merah tersebut.

Advertisement

Hanya saja, Chevron tidak ingin keluar dari Blok Rokan dengan meninggalkan liabilitas alias utang yang harus dilunasi pada masa mendatang. "Mereka tidak keberatan, asal liabilitas beres," kata Wakil Kepala SKK Migas Fatar Yani Abburahman kepada Katadata.co.id pada Senin (27/1) malam di Kompleks DPR/MPR Jakarta.

Permasalahan liabilitas itu membuat kedua perusahaan tidak mencapai kesepakatan. Pembelian hak partisipasi Chevron oleh Pertamina pun dianggap sebagai jalan keluar transisi Blok Rokan.

"Kan ada business to business yang tidak kelar. Kalau Pertamina investasi sekarang, maka skema terakhir kan ya akuisisi, itu yang paling simple," ujar Fatar.

(Baca: Pertamina Targetkan Transisi Blok Rokan Selesai Tahun Ini)

SKK Migas pun mendorong kedua perusahaan untuk segera menyepakati rencana investasi di Blok Rokan. SKK Migas tidak ingin pengeboran di blok tersebut terhenti hanya karena alih kelola.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement