Erick Thohir Lirik Pendanaan dari Jepang untuk Sejuta Rumah Milenial

Sorta Tobing
29 Januari 2020, 13:37
erick thohir, sejuta rumah milenial, jepang, jbic, dp 0%, dp Rp 0
Arief Kamaludin (Katadata)
Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir akan bertemu Japan Bank for International Cooperation (JBIC) pada pekan ini di Jepang untuk merealisasikan program sejuta rumah untuk generasi milenial.

Pemerintah berusaha mewujudkan program satu juta rumah untuk generasi milenial. Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir akan bertemu Japan Bank for International Cooperation (JBIC) pada pekan ini di Jepang untuk merealisasikan hal itu.

Generasi milenial, menurut dia, saat ini mengalami kesulitan mencicil kredit pemilikan rumah atau KPR. “Tidak mungkin dengan dana bank sekarang. Bunga harus murah. Kami harus mencari negara-negara yang bunganya kecil,” kata Erick di Jakarta kemarin, Selasa (28/1).

Dalam kesempatan itu ia juga mengkritik program pembelian rumah dengan uang muka (down payment) nol rupiah atau DP 0%. “Karena ini tidak mendidik generasi muda kita untuk menabung,” ucapnya.

Ia justru khawatir program properti seperti itu malah membuat pembeli rumahnya menjadi tidak tepat sasaran. Alih-alih untuk generasi muda, malah diambil oleh pihak yang ingin menjualnya kembali atau trader.

(Baca: Program DP Nol Rupiah Anies Dapat Bantuan Dana Pemerintah Pusat)

Karena itu, anak muda tetap harus dididik untuk menabung. Bunga KPR, ia hitung, seharusnya turun sekitar 5% dan akses jangka waktu cicilannya 20 sampai 30 tahun agar tidak memberatkan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...