Survei: Hampir Separuh Pelaku Industri Keuangan Tak Puas Kinerja OJK

Image title
29 Januari 2020, 13:34
OJK, pengawasan OJK, kasus jiwasraya, industri keuangan
Agung Samosir | Katadata
Ilustrasi. Survei yang dilakukan Citiasia dan Infobank menyebutkan responden perbankan paling berkeberatan dengan iuran OJK.

Hasil survei yang dilakukan Citiasia dan Biro Riset Infobank menunjukkan hampir separuh praktisi keuangan tak puas dengan kinerja OJK dalam pengaturan dan pengawasan lembaga kuangan. 

Survei dilakukan terhadap 184 responden yang merupakan praktisi industri keuangan dengan posisi setingkat manajer ke atas. Para responden tersebut berasal dari 114 institusi jasa keuangan, baik perbankan, asuransi, lembaga pembiayaan, dan lembaga jasa pembiayaan khusus.

Advertisement

Adapun area yang disurvei mencakup pengaturan dan pengawsan terkait kelembagaan, kesehatan, kehati-harian pemeriksaan, dan perlindungan konsumen.

Hasil studinya menunjukan hanya 59,3% responden yang menilai kinerja OJK secara keseluruhan sudah cukup baik. Secara komposit, indeks persepsi kinerja pengaturan dan pengawasan terkait kelembagaan mencapai 63,2%, kesehatan sebesar 59,3%, kehati-hatian 66.5%, pemeriksaan 59.9%, dan perlindungan konsumen 58,8%.

Adapun berdasarkan kelompok industri, lembaga pembiayaan mencatatkan indeks persepsi terendah yakni hanya mencapai 51,9%, diikuti perbankan 55%, lembaga jasa keuangan khusus 63,3% dan kelompok asuransi 65,2%.

(Baca: Merunut Kelalaian Pemerintah dan OJK dalam Masalah Jiwasraya)

Temuan survei tersebut, praktisi keuangan menilai kinerja pengaturan pengawasan OJK belum maksimal. OJK dinilai mempersempit pengembangan dan ruang inovasi industri keuangan, baik dari sisi pengelolaan risiko, pengembangan industri, maupun keberlanjutan usaha.

Adapun para praktisi perbankan juga menyoroti belum jelasnya arah pengembangan industri, lemahnya kekuatan dan pemahaman bisnis dan teknis regulator, serta belum maksimalnya peran mediasi dan edukasi regulator terhadap pemegang saham.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement