Luhut Bantah Pembahasan Omnibus Law Tidak Transparan

Image title
30 Januari 2020, 23:53
omnibus law, tidak transparan, luhut binsar pandjaitan
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menolak anggapan pembahasan omnibus law tidak transparan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan membantah klaim yang menyebutkan pembahasan rancangan undang-undang (RUU) omnibus law tidak transparan.

Luhut mengatakan bahwa pemerintah memang tidak melibatkan semua pihak dalam menyusun omnibus law dan hanya melibatkan beberapa pihak saja. Pasalnya, tidak mungkin pemerintah melibatkan seluruh masyarakat Indonesia.

"Sampai kapan tidak akan selesai tuh barang," katanya dalam Katadata Indonesia Data and Economic Conference (IDE) 2020 yang diselenggarakan Katadata di Grand Balroom Kempinski, Jakarta, Kamis (30/1).

Meski tidak melibatkan semua pihak, namun dia memastikan jika omnibus law tidak akan menyakiti masyarakat, baik dari kalangan pebisnis kecil, menengah, dan besar sekalipun. Apalagi, Presiden Joko Widodo atau Jokowi kerap turun langsung ke lapangan dan juga berasal dari rakyat kecil.

(Baca: Pemerintah Kaji Revisi UU Dana Pensiun & Pasar Modal via Omnimbus Law)

"Tidak mungkin pemerintah itu ingin membuat rakyat sengsara. Karena tujuan pemerintah membuat rakyat sejahtera. Presiden kita selama 5 tahun kemarin belajar apa saja yang jadi masalah," tegas Luhut.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...