Wabah Virus Corona Meluas, WHO Pertimbangkan Tetapkan Darurat Global

Image title
Oleh Ekarina
30 Januari 2020, 08:20
Wabah Virus Corona Meluas, WHO Pertimbangkan Tetapkan Darurat Global.
ANTARA FOTO/REUTERS/Thomas Peter
Sejumlah perawat memakai pelindung saat berbicara dengan pengunjung di bagian penerimaan Rumah Sakit First People di Yueyang, provinsi Hunan. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mempertimbangan penyebaran virus corona sebagai darurat kesehatan global.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyampaikan keprihatinan serius terkait penyebaran virus corona di Tiongkok dan sejumlah negara lainnya. Adapun jumlah korban meninggal akibat virus tersebut hingga kini telah bertambah menjadi 132 orang. 

Komite Darurat WHO akan kembali mengadakan pertemuan secara tertutup hari ini untuk memutuskan apakah penyebaran cepat virus corona di Tiongkok saat ini merupakan kondisi darurat global.

"Dalam beberapa hari terakhir perkembangan virus terutama di beberapa negara,  penularan dari manusia ke manusia, membuat kami khawatir," kata ketua WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam konferensi pers di Jenewa, Swiss dikutip dari Reuters, Kamis (30/1).

(Baca: Korban Meninggal Virus Corona di Tiongkok Bertambah jadi 132 Orang)

Dia menyebut sejumlah negara telah terjangkit virus, seperti Jepang, Jerman dan Vietnam

"Meskipun jumlah di luar Tiongkok masih relatif kecil, mereka memiliki potensi wabah yang jauh lebih besar," ujarnya.

WHO mencatat, hinga kini terdapat sekitar 6.065 kasus virus corona di 15 negara di seluruh dunia. Jumlah korban meninggal dunia akibat virus ini seluruhnya terjadi di Tiongkok. Yang mana, kasus kematian terakhir dilaporkan terjadi di provinsi Sichuan.

Pada pekan lalu, WHO menolak menetapkan kondisi darurat kesehatan internasional. “Kami percaya rantai penularan ini masih dapat terputus, ”kata Mike Ryan, Direktur Eksekutif Program Keadaan Darurat Kesehatan WHO.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...