Bayar Utang ke Bank Mandiri, Medco Bakal Rilis Surat Utang Rp 1,5 T

Image title
31 Januari 2020, 19:16
Medco Energi, surat utang, obligasi, Medco, Bank Mandiri, medc
m.skalanews.com
Medco Energi

Medco Energi Internasional (MEDC) berencana menerbitkan surat utang sebanyak-banyaknya Rp 1,5 triliun. Rencana ini diumumkan hanya berselang sepekan sejak perusahaan menerbitkan surat utang global sebesar US$ 650 juta atau sekitar Rp 8,94 triliun.

Medco berencana menggunakan dana hasil penerbitkan surat utang untuk melunasi sebagian pinjaman dari Bank Mandiri (BMRI) yang jatuh tempo pada 20 Desember 2021. Rencana ini diungkap perusahaan dalam dokumen prospektus yang diunggah di situs Bursa Efek Indonesia, Jumat (31/1).

Advertisement

(Baca: Usai Rugi, Medco Energi Raih Laba Rp 269,8 Miliar di Kuartal III 2019)

Perusahaan memaparkan, per 30 September 2019, posisi utang Medco dan anak usahanya mencapai US$ 3,3 miliar atau setara Rp 46,87 triliun (asumsi kurs Rp 14.174 per US$). Utang Ini terdiri dari utang kepada bank, instansi non-bank, serta efek bersifat utang.

Setelah penerbitan surat utang ini, lalu dikurangi biaya emisi, maka posisi utang Medco akan berkurang menjadi Rp 45,37 triliun.

Adapun surat utang atau obligasi ini diterbitkan dalam skema Obligasi Berkelanjutan III Tahap III. Medco bakal menjamin dengan kesanggupan penuh (full commitment) sebesar Rp 1,38 triliun.

(Baca: Ada Tambahan Proyek Merakes, 12 Proyek Migas Berproduksi Tahun Ini)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement