Jack Ma & Bill Gates Sumbang Jutaan Dolar untuk Tangani Virus Corona

Fahmi Ahmad Burhan
31 Januari 2020, 10:16
jack ma, bill gates, miliarder, virus corona
Ilustrasi. WHO telah menetapkan wabah virus corona sebagai kondisi gawat darurat global.

Pendiri raksasa e-commerce Tiongkok Alibaba Jack Ma dan Pendiri Microsoft Bill Gates menggelontorkan dana guna membantu penanganan wabah virus corona. Di sisi lain, perusahaan smartphone asal Tiongkok Xiaomi  juga membantu penanganan virus corona melalui fitur pendeteksi di smartphone-nya.

Jack Ma menyumbang dana US$ 14 juta atau Rp 191 miliar untuk penanganan wabah virus corona melalui yayasannya. Dari jumlah itu, sebesar US$ 5,8 juta atau Rp 79 miliar telah dialokasikan miliarder asal Tiongkok itu untuk organisasi penelitian pemerintah Tiongkok.

"Sisa dana tersebut akan digunakan untuk mendukung langkah-langkah pencegahan dan perawatan," kata Jack Ma Foundation dalam akun media sosialnya seperti dilansir CNN.com.

Melalui perusahaannya Alibaba, Jack Ma juga menawarkan kekuatan komputasi artificial intelligence (AI) gratis untuk organisasi penelitian ilmiah dalam mendukung pencarian vaksin atau perawatan. 

Alibaba menjadi salah satu dari beberapa perusahaan teknologi Tiongkok lainnya yang membantu menangani wabah virus corona. Perusahaan teknologi lainnya yang terlibat, di antaranya Huawei, perusahaan e-commerce Tencent, mesin pencari Baidu, pemilik TikTok ByteDance, dan perusahaan pengiriman makanan Meituan-Dianping.

(Baca: Penetapan Darurat Virus Corona, Rupiah Masih Menguat Tipis)

Tidak hanya dari Tiongkok, Miliarder asal AS Bill Gates melalui yayasannya turut menyumbangkan dana untuk penanganan wabah virus corona. Pendiri Microsoft itu menggelontorkan US$ 10 juta atau Rp 136 miliar untuk menangani penyebaran virus corona di Tiongkok dan Afrika. 

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...