Pertamina Eksplorasi di Blok Mahakam Demi Cadangan Migas Baru

Image title
31 Januari 2020, 19:00
Pertamina, blok mahakam, eksplorasi migas
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi, pekerja beraktifitas pada North Processing Unit (NPU) wilayah kerja Blok Mahakam di Kutai Kartanegara, Minggu (31/12). Pertamina berencana eksplorasi migas di luar Blok Mahakam.

Pertamina Hulu Mahakam (PHM) akan fokus eksplorasi migas di Blok Mahakam untuk menahan laju penurunan produksi secara alamiah (decline rate). Pasalnya, perusahaan kesulitan mempertahankan tingkat produksi jika hanya mengandalkan pengelolaan sumur tua.

General Manager PHM John Anis menjelaskan ada dua sumur ekplorasi yang akan dibor pada tahun ini di dalam lingkup wilayah kerja Blok Mahakam. Selain itu, perusahaan pelat merah tersebut bakal eksplorasi di luar wilayah kerja Mahakam.

Advertisement

"Sumur tua dimana pun tidak bisa menaikkan produksi. Upaya ya dengan ekplorasi di area luar. Ekplorasi kami di dalam itu untuk nambah bertahan hidup lagi, bukan untuk menambah produksi, agar produksinya tidak turun saja," ujar John, Jumat (31/1).

Selain itu, PHM akan mengebor sumur pengembangan sebanyak 115 sumur. Total investasi yang disiapkan perusahaan pada tahun ini sebesar US$ 760 juta atau sekitar Rp 10,6 triliun (kurs Rp 14.000).

 (Baca: Pertamina Klaim Beberapa Perusahaan Migas Minati Blok Mahakam)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement