Selain Pantai, Perdukunan Jadi Daya Tarik Pariwisata Belitung Timur

Rizky Alika
31 Januari 2020, 09:29
Pariwisata, Belitung, Perdukunan
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Ilustrasi Wisata Pantai

Daya tarik pariwisata di Belitung Timur tidak hanya sebatas pantai. Bupati Belitung Timur Yuslih Ihza Mahendra mengatakan, perdukunan menambah daya tarik pariwisata di wilayahnya.

"Di Belitung ada komunitas perdukunan," kata dia di acara Indonesia Data and Economic Conference (IDE) 2020 di Hotel Kempinski, Jakarta, Kamis (30/1). Ia memperkirkan ada 150 dukun di Belitung Timur.

Ia pun menilai budaya sebagai unsur penting yang meningkatkan daya tarik pariwisata. Maka itu, promosi daerahnya tidak hanya fokus pada keindahan alam.

(Baca: RI Tawarkan 28 Proyek Jalur Sutra ke Tiongkok Senilai Rp 1.285 Triliun)

Lebih lanjut, ia mengatakana, Belitung Timur akan fokus untuk meningkatkan kualitas pariwisata dibandingkan kuantitas. Saat ini, Belitung tengah diupayakan untuk masuk dalam daftar UNESCO Global Geopark (UGG).

Dengan masuknya Belitung dalam daftar UGG, paradigma sebagai pariwisata berkualitas diharapkan meningkat, dan diukuti dengan peningkatan daya tarik pariwisata.

Senada, Travel Enthusiast Medina Kamil juga menilai daya tarik pariwisata bisa berupa hal mistis. Terlebih, dengan melihat besarnya rasa penasaran masyarakat pada isu-isu mistis.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...