Target 3 Juta Lapangan Kerja Baru, Kadin: Pertumbuhan Harus di Atas 5%

Image title
31 Januari 2020, 13:50
kadin, omnibus law cipta lapangan kerja, pertumbuhan ekonomi, tenaga kerja
Demo buruh menolah omnibus law. Kadin optimistis omnibus law cipta lapangan kerja akan mencetak 3 juta lapangan kerja baru jika ekonomi Indonesia tumbuh di atas 5%.

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) menyebutkan pertumbuhan ekonomi Indonesia harus di atas 5% jika ingin mencapai target penyerapan tenaga kerja sebanyak  3 juta orang melalui omnibus law cipta lapangan kerja.

Ketua Kadin Rosan Roeslani mengatakan target tersebut realistis lantaran melalui omnibus law cipta lapangan kerja akan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di angka 0,6 - 1%. Sementara pertumbuhan ekonomi tahun ini diperkirakan masih di angka 5%.

"Pertumbuhan ekonomi kita tidak hanya cukup di angka 5%. Karena pertumbuhan tenaga kerja yg masuk sekitar 2 juta orang, penyerapan tenaga kerja sekarang hanya 500 - 600 ribu jadi kita perlu ada peningkatan ekonomi yang lebih tinggi," ujarnya saat seusai menghadiri rapat dengar pendapat bersama Komisi XI DPR RI di Gedung Parlemen, Jakarta, Kamis (30/1).

Menurut dia, selama ini pertumbuhan ekonomi Indonesia ditopang oleh tingginya konsumsi dalam negeri. Namun, hal itu harus diperbaiki dengan meningkatkan jumlah investasi yang masuk agar lapangan pekerjaan dapat tercipta lebih banyak.

(Baca: Luhut Perkirakan Tambahan Penyerapan 3 Juta Pekerja Berkat Omnibus Law)

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...