BPK Ungkap Hasil Investigasi Asuransi Jiwasraya ke DPR Hari Ini

Rizky Alika
3 Februari 2020, 11:44
BPK Ungkap Hasil Investigasi Asuransi Jiwasraya ke DPR Hari Ini
Adi Maulana Ibrahim | KATADATA
Ilustrasi, Gedung Jiwasraya

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) bakal menyampaikan hasil investigasi atas kasus Asuransi Jiwasraya kepada Komisi Keuangan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada hari ini (3/2). BPK sempat mengatakan bahwa kemelut di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu bisa berisiko sistemik.

“Pada hari ini kami akan menyampaikan beberapa hal. Kalau suratnya (undangan) itu terkait pemeriksaan,” kata Ketua BPK Agung Firman Sampurna saat memimpin rapat konsultasi dengan Komisi XI DPR di kantornya, Jakarta, Senin (3/2).

Rapat tersebut dihadiri oleh Ketua Komisi XI DPR Dito Ganinduto dan Wakil Ketua Komisi XI Eriko Sotarduga. (Baca: Beda dengan BPK, KSSK Menilai Jiwasraya Tak Berdampak Sistemik)

Awak media tidak diperkenankan mengikuti jalannya diskusi. Namun, Agung mengatakan bahwa hasil diskusi akan disampaikan usia rapat.

Sebelumnya, BPK mengungkapkan bahwa Jiwasraya melakukan rekayasa keuangan guna menutupi kerugian perusahaan sejak 2006. Agung mengatakan, Jiwasraya melaporkan laba yang semu dalam laporan keuangan tahun tersebut. 

"Sebagaimana merupakan rekayasa akuntansi atau window dressing," kata Agung, awal Januari lalu.  (Baca: BPK Menilai Kasus Jiwasraya Gigantik Sehingga Berisiko Sistemik)

Laporan keuangan 2016 juga direkayasa dengan membukukan laba Rp 360,6 miliar. Kemudian dalam laporan keuangan 2017, perusahaan asuransi pelat merah ini menunjukkan kinerja keuangannya masih positif, dengan perolehan laba Rp 2,4 triliun atau naik 37,64% dibandingkan tahun sebelumnya. 

Ekuitas perseroan surplus Rp 5,6 triliun tetapi kekurangan cadangan premi Rp 7,7 triliun, karena belum memperhitungkan impairment asset atau penurunan aset. KAP PricewaterhouseCoopers (PWC) memberikan opini adverse atau dengan modifikasi. "Sehingga jika ketentuan pencadangan sesuai, seharusnya perusahaan merugi," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...