Pengusaha Nilai Brexit Tak Berdampak Besar ke Ekspor Minyak Sawit RI

Image title
4 Februari 2020, 09:05
Pengusaha Nilai Brexit Tak Berdampak Besar ke Ekspor Minyak Sawit RI.
Agung Samosir | KATADATA
Deretan produk crude palm oil yang berbahan dasar kelapa sawit dari kabupaten Landak di stand Provinsi Kalimantan Barat . Pengusaha menilai Brexit tak berdampak besar terhadap permintaan minyak sawit Indonesia, lantaran konsumsi Inggris yang kecil.

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) menyebut keluarnya Inggris dari Uni Eropa (Brexit) tak berdampak signifikan terhadap ekspor minyak sawit mentah (CPO) dalam negeri. Sebab,  permintaan atau konsumsi minyak kelapa sawit negara tersebut tidaklah besar.

Ketua Umum Gapki Joko Supriyono mengatakan, konsumsi minyak sawit Inggris dari Indonesia lebih rendah dibandingkan Spanyol, Italia, Jerman dan Belanda. Konsumsi minyak sawit negara Eropa diperkirakan masih akan stagnan di kisaran 4,5 - 5 juta ton tahun ini.

(Baca: Gapki: Ekspor Minyak Sawit ke Tiongkok Bisa Turun Karena Virus Corona)

Sepeti diketahui, ekspor minyak sawit Indonesia ke Uni Eropa terus menghadapi hambatan, baik dari sisi tarif atau bea masuk, hingga maraknya kampanye hitam. Dengan demikian, ekspor sawit ke Benua Biru menjadi sulit berkembang. 

"Menurut saya dari segi volume tak akan signifikan. Bahwa kemudian secara politik karena dia di luar Uni Eropa, kemudian bersikap berbeda ya bisa saja," kata Joko saat menggelar konferensi pers di Jakarta, Senin (3/1).

Menurut dia, konsumsi minyak sawit Inggris yang diimpor dari Indonesia lebih banyak digunakan untuk pencampuran bahan bakar industri biodiesel. Dengan keluarnya Inggris dari Uni Eropa, justru memungkinkan untuk industri-industri tersebut mendesak pemerintah setempat untuk meningkatkan impor minyak sawit dari Tanah Air. 

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...