Bio Farma Proyeksi Butuh 15 Tahun untuk Temukan Vaksin Virus Corona

Image title
5 Februari 2020, 17:25
virus corona, bio farma, bumn
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Ilustrasi, Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir (kiri) bersama Direktur Utama Kimia Farma Tbk Verdi Budidarmo, menyampaikan keterangan pers tentang holding BUMN farmasi di Jakarta, Rabu (5/2/2020). Bio Farma menyebut butuh waktu 15 tahun untuk menemukan virus corona.

Induk usaha (holding) BUMN farmasi PT Bio Farma (Persero) menyebutkan butuh waktu 15 tahun untuk menemukan vaksin virus corona. Hingga saat ini, belum ada negara yang berhasil menemukan vaksin virus tersebut, termasuk Tiongkok. 

Untuk menemukan vaksin sebuah virus memang dibutuhkan tahapan panjang. Mulai dari mencari bibit virus, mengembangkan vaksin, hingga mencoba vaksin tersebut ke hewan dan manusia.

Oleh karena itu, Bio Farma memilih untuk mencari perusahaan atau lembaga yang telah mencapai riset tertentu untuk diajak bekerja sama menemukan vaksin virus corona."Dari R&D (Research and Development) hingga treatment memerlukan waktu 15 tahun. Mungkin sudah ada yang uji klinis," kata Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir, di Jakarta, Rabu (5/2).

Sambil menunggu perusahaan atau riset yang untuk diajak bekerja sama, Honesti menyebut pihaknya lebih fokus menemukan alat deteksi virus corona. Untuk menciptakan alat tersebut, Bio Farma menggandeng Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Riset dan Teknologi.

Di sisi lain, pihaknya berusaha mengampanyekan tindakan preventif untuk mencegah terjadinya penyebaran virus corona. Melalui Kimia Farma, Holding BUMN Farmasi telah memasang spanduk yang berisi ajakan kepada masyarakat untuk mencuci tangan dan memasak makanan dengan matang.

(Baca: Holding BUMN Farmasi Bisa Tekan Impor Bahan Baku Obat Rp 28 Triliun)

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...