Bulog Ekspor Beras Kemasan 250 Gram ke Arab Saudi Pekan Depan

Rizky Alika
5 Februari 2020, 19:04
Bulog Realisasikan Ekspor Beras ke Arab Saudi Pekan Depan.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Seorang petugas memperlihatkan butiran beras di Perum Bulog diver DI Jakarta-Banten, Kelapa Gading, Jakarta, (10/1). Bulog akan mengekspor beras kemasan berukuran 250 gram ke Arab Saudi pada pekan depan.

Perum Bulog serius merealisasikan wacana ekspor beras ke luar negeri. Direktur Utama Bulog Budi Waseso mengatakan, perusahaan akan mengekspor beras ke Arab Saudi pada pekan depan.

Adapun ekspor akan dilakukan sebanyak 8 kontainer pada tahap awal. "Kebetulan yang diminta Arab Saudi beras kemasan renceng 250 gram," kata dia di Gedung Parlemen, Jakarta, Rabu (5/2).

Namun, ia tidak menyebutkan secara rinci besaran volume maupun nilai ekspor yang dibidik dari penjualan beras tersebut. Mantan Kabareskrim Polri itumengatakan, beras tersebut akan digunakan untuk konsumsi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi. Selain itu, beras juga akan dijual untuk WNI yang melaksanakan ibadah umroh atau haji.

(Baca: Mentan Bakal Teken Nota Kesepahaman Ekspor Beras ke Tiongkok Februari)

Menurutnya, ekspor dilakukan atas permintaan dari Arab Saudi setelah berkunjung langsung ke Bulog untuk melihat kualitas beras serta melakukan uji tanah sawah.

Dalam kunjungan tersebut, Indonesia juga telah meneken perjanjian ekspor beras yang dilakukan secara business to business dengan pengusaha Arab Saudi.

Dengan adanya kerja sama ini, kuota ekspor beras berpotensi meningkat usai proses evaluasi ekspor tahap pertama dilakukan. Budi berharap, ekspor beras bisa ditingkatkan ke ukuran kemasan yang lebih besar, yaitu 5-10 kilogram atau lebih.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...