Google Gandeng WHO Antisipasi Hoaks Virus Corona

Cindy Mutia Annur
6 Februari 2020, 19:13
Google Gandeng WHO Antisipasi penyebaran Hoaks Virus Corona
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY
Ilustrasi, seorang pria membuka laman Google dari gawainya di Jakarta, Jumat (12/4/2019).

Virus corona menjadi perhatian warga dunia belakangan ini. Google pun bekerja sama dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mengantisipasi penyebaran hoaks terkait wabah tersebut.

Di Indonesia misalnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menemukan 53 hoaks terkait virus corona sejak 23 Januari lalu. Bahkan ada satu yang beredar sejak Mei 2019 atau delapan bulan sebelum virus itu mewabah di Tiongkok.

Communications Manager Google Indonesia Feliciana Wienathan mengatakan, perusahaan meluncurkan SOS Alert lewat kerja sama dengan WHO. Melalui inisiatif itu, perusahaan memberikan informasi resmi terkini terkait virus corona.

(Baca: Hoaks Virus Corona Beredar di RI 8 Bulan Sebelum Mewabah di Tiongkok)

Ketika pengguna mencari artikel dengan kata kunci ‘coronavirus’, maka akan muncul SOS alert tersebut. Sama seperti alat (tools) platform lainnya, SOS alert dilengkapi dengan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI). “Juga ada how to information dan keamanannya,” kata Feliciana di Jakarta, Kamis (6/2).

Perusahaan juga menyediakn artikel-artikel terkini terkait virus corona dari media yang dianggap kredibel. Sumber informasi yang ditampilkan bakal merujuk situs resmi WHO.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...