Kadin Waswas Harga Bahan Baku Impor Menanjak akibat Virus Corona

Rizky Alika
6 Februari 2020, 14:06
kadin, industri, virus corona, harga bahan baku, impor dari tiongkok
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi ekspor impor. wabah virus corona mulai mengganggu rantai pasokan perdagangan global.

Wabah virus corona mulai berdampak pada rantai pasokan perdagangan global. Kamar Dagang Indonesia atau Kadin menyebut harga bahan baku impor berpotensi menanjak jika penyebaran wabah tersebut terus berlanjut. 

Wakil Ketua Kadin Bidang Hubungan International Shinta Widjaja menjelaskan industri dalam negeri sudah mulai kekurangan pasokan bahan baku sejak pekan lalu karena pengiriman dari Tiongkok yang terganggu. Hal serupa juga dikeluhkan oleh sejumlah negara yang bergantung pada bahan baku impor manufaktur, terutama komponen elektronik dari Negara Tembok Raksasa tersebut. 

Advertisement

"Dampak disrupsi ini bisa sangat signifikan, tergantung berapa lama disrupsi ini terjadi," ujar Shinta di Jakarta, Kamis (6/2). 

Penyebaran virus corona membuat pemerintah Tiongkok mengambil langkah karantina pada 16 kota dan memperpanjang libur Imlek. Hal ini berpengaruh pada produksi dan ekspor yang seharusnya dilakukan perusahaan-perusahaan di negara tersebut. 

(Baca: Larangan Impor Hewan Liar dari Tiongkok Diatur Detail dalam Permendag)

Jika kondisi ini terus berlanjut, Shinta memperkirakan harga komponen bahan baku impor akan meningkat. Kenaikannya berpotensi mencapai 1% hingga 2%, bahkan berpotensi lebih tinggi. 

Kondisi ini akan berdampak pada peningkatan beban biaya produksi yang kemudian berpengaruh pada daya saing ekspor dan produktivitas manufaktur nasional.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement