Bukan Bakar Uang, Begini Strategi DANA Capai 170 Juta Pengguna

Fahmi Ahmad Burhan
7 Februari 2020, 09:23
fintech, dompet digital, dana, bakar uang
ANTARA FOTO/Audy Alwi
Dompet digital DANA akan tingkatkan kerja sama berbagai sektor untuk tingkatkan jumlah pengguna aplikasinya, tidak lagi 'bakar uang'.

Tahun ini fintech  dompet digital milik PT Espay Debit Indonesia Koe, DANA, tidak lagi menggencarkan strategi promosi atau 'bakar uang' untuk meningkatkan engagement dan menambah jumlah pengguna.

Chief Innovation Officer DANA, Darrick Rochili menjelaskan bahwa sejak awal tahun ini DANA sudah gencar menjalin kerja sama dengan berbagai sektor mulai dari makanan hingga platform donasi. Dari kerja sama tersebut DANA menargetkan penggunanya (usecase) terus meningkat.

"Kalau bisa (pengguna) seluruh masyarakat Indonesia. Tapi mulainya yang punya smartphone dulu. Pengguna smartphone kan ada 170 juta kita ingin semakin mendekati ke angka itu," ujar Darrick di Jakarta pada Kamis (6/2). Adapun saat ini sudah ada 35 juta pengguna DANA.

Strategi utama yang kini dilakukan DANA bukan lagi promosi seperti diskon hingga uang kembali (cashback), tapi menggaet lebih banyak kerja sama. Dia menyatakan pihaknya terbuka dengan semua sektor untuk memperluas cakupan pengguna. 

(Baca: DANA dan OVO Bakal Kurangi Strategi ‘Bakar Uang’ Tahun Depan)

"Seluas mungkin jalin kerja sama. Karena ini dompet kan, jadi bisa dipakai di mana saja. Yang sehari-hari dipakai belanja bahan makanan, pulsa, listrik. Kemarin dengan perusahaan transportasi masuk (kerja sama)," kata Darrick.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...