Li Wenliang, Dokter yang Pertama Kali Ingatkan Soal Corona Meninggal

Hari Widowati
7 Februari 2020, 10:16
Li Wenliang, dokter mata di RS Wuhan yang pertama kali memperingatkan tentang virus corona, meninggal dunia pada Jumat (7/2). Ilustrasi ini beredar di media sosial Tiongkok untuk mengenang jasanya.
TWITTER @niubi
Li Wenliang, dokter mata di RS Wuhan yang pertama kali memperingatkan tentang virus corona, meninggal dunia pada Jumat (7/2). Ilustrasi ini beredar di media sosial Tiongkok untuk mengenang jasanya.

Li Wenliang (34), dokter di sebuah rumah sakit di Wuhan, Tiongkok yang pertama kali memperingatkan soal bahaya virus corona, meninggal dunia karena infeksi virus tersebut. Ia sempat dituding menyebarkan informasi yang menyesatkan karena meminta koleganya dan masyarakat mewaspadai virus corona.

Li meninggal pada Jumat (7/2), pukul 02.58 waktu setempat setelah dirawat selama beberapa hari. “Dokter mata kami, Li Wenliang, sayangnya terjangkit virus corona saat bertugas memerangi epidemi virus corona," demikian pernyataan tertulis rumah sakit setempat, seperti dikutip dari CNN.

(Baca: Sebanyak 64 Rumah Sakit BUMN Siaga Penyebaran Virus Corona)

Li termasuk satu dari delapan orang yang sebelumnya diselidiki pemerintah karena diduga menyebarkan informasi menyesatkan tentang wabah virus corona. Saat itu, ada tujuh pasien yang dikarantina di RS tempat Li bekerja. Mereka menunjukkan gejala penyakit yang mengingatkannya pada SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome). Ia mendesak rekan-rekan kerjanya untuk mengenakan pakaian pelindung di tempat kerja agar tidak tertular virus tersebut.

Empat hari kemudian, Li dipanggil menghadap Biro Keamanan Publik setempat dan dituduh memberikan informasi yang tidak benar serta mengganggu tatanan sosial. Tak hanya itu, ia juga diperingatkan bahwa ia akan dibawa ke pengadilan jika terus membicarakan penyakit itu.

(Baca: Jadi Lokasi Karantina, Permintaan Masker di Natuna 5.000 Lembar Sehari)

Tertular Virus Corona dari Pasien Glaukoma

Pada awal Januari 2020, ia merawat seorang wanita yang mengidap glaukoma tanpa sadar bahwa ia telah terjangkit virus corona. Pada 10 Januari 2020, ketika pemerintah masih bersikeras belum ada kasus baru selama seminggu, ia mulai batuk disertai demam.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...