BMKG: Potensi Banjir Bulan Ini Tak Sebesar Januari Lalu

Cindy Mutia Annur
8 Februari 2020, 20:47
bmkg, banjir jakarta februari 2020
ANTARA FOTO/Weli Ayu Rejeki
Petugas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika mengamati alat ukur radiasi sinar matahari di Laboratorium Terbuka BMKG Serang, di Serang, Banten, Rabu (5/2). BMKG menyebut potensi hujan lebat di sejumlah wilayah Indonesia bakal berlangsung hingga April 2020.

Potensi hujan lebat di sejumlah wilayah Indonesia bakal berlangsung hingga April 2020. Namun, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika alias BMKG menyebut kejadian bencana banjir tidak akan sebesar bulan lalu.

“Yang jelas, potensi hujan lebat masih ada bulan ini,” kata Kepala Bidan Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG Hary Tirto Djatmiko kepada Katadata.co.id, Sabtu (8/2).

Curah hujan yang tinggi pada Februari 2020 berasal dari fenomena gelombang atmosfer dan angin monsun. “Selain itu, kondisi suhu muka laut yang hangat meningkatkan massa uap air secara lokal,” ucap Kepala BMKG Dwikoritas Karnawati dalam siaran persnya, Sabtu (8/2).

Prakiraan curah hujan dasarian atau 10 hari berturut-turut mulai dari awal hingga akhir Februari menunjukkan kriteria menegah. Pada dasarian pertama, wilayah yang mengalami hujan kategori tinggi adalah Sumatera Barat bagian selatan, Bengkulu, Sumatera Selatan bagian barat, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah bagian tengah, Kalimantan Barat bagian utara, Sulawesi Tenggara bagian utara, Sulawesi Selatan bagian utara, dan Papua bagian tengah.

(Baca: Hujan Deras Pagi Tadi, Banjir Genangi Sejumlah Jalan di Jakarta)

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...