Lampaui SARS, Korban Meninggal Akibat Virus Corona Capai 812 Jiwa

Martha Ruth Thertina
9 Februari 2020, 09:45
Virus Corona, SARS, Jumlah Korban Meninggal Virus Corona
ANTARA FOTO/REUTERS/Kyodo
Polisi memakai baju pelindung mengawal seorang (di bawah kain biru) yang naik ke kapal pesiar Diamond Princess dan dites positif virus korona baru, Selasa (4/2/2020). Orang tersebut dipindahkan ke pangkalan polisi maritim di Yokohama, selatan Tokyo.

Korban meninggal akibat virus corona baru (novel coronavirus) bertambah menjadi 812 orang. Ini melampaui korban meninggal akibat wabah SARS yang juga bermula dari Tiongkok hampir dua dekade lalu.

Saat berita ini ditulis, 37.483 orang terkonfirmasi terinfeksi virus corona baru, dalam waktu kurang dari dua bulan sejak kasus ini muncul pada akhir Desember 2019. Sebanyak 37.140 orang di antaranya berada di Tiongkok.

Di luar Tiongkok, orang terinfeksi virus ini telah ditemukan setidaknya di 27 negara. Temuan orang terinfeksi virus corona terbanyak yakni di Singapura 33 orang dan Thailand 32 orang. Satu dari 33 korban terinfeksi yang ditemukan di SIngapura merupakan warga negara Indonesia. 

(Baca: Isolasi Tiongkok & Risiko Kehilangan Pembelanja Terbesar Wisata Dunia)

Adapun korban meninggal terbanyak tercatat di Provinsi Hubei 780 orang. Hubei merupakan provinsi di mana Wuhan – kota awal penyebaran virus corona – berada. Di luar dataran Tiongkok, telah ditemukan satu korban meninggal akibat virus ini yakni di Filipina dan Hong Kong.

Meski jumlah korban terinfeksi dan meninggal dunia terus bertambah, korban yang kondisinya pulih juga dilaporkan meningkat menjadi 2.665 orang. Sebanyak 1.439 di antaranya di Hubei.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...