Arab Saudi Kucurkan Rp 1,4 Triliun Kembangkan Dompet Digital Petani RI

Dimas Jarot Bayu
10 Februari 2020, 15:14
bappenas, digital, saudi
ANTARA FOTO/Saiful Bahri
Petani bibit cabai rawit siap tanam di Desa Penaguan, Pamekasan, Jawa Timur, Selasa (28/1/2020). Pemerintah Arab Saudi (10/2) akan kucurkan Rp 1,4 triliun ke petani dan nelayan RI untuk kembangkan dompet digital berbasis syariah.

Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi melakukan kerja sama pengembangan digitalisasi rantai pasok pangan dengan sistem dompet elektronik (e-wallet) berbasis syariah. Hal tersebut dilakukan melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara PT Indonesia Mecca Tower dengan PT Bayarind Artha Internusa di gedung Kementerian PPN/Bappenas, Jakarta, Senin  (10/2).

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, kerja sama pengembangan digitalisasi ini menyasar pada 350 kelompok petani dan nelayan. “Nilainya (investasi) Rp 1,45 triliun,” kata Suharso.

(Baca: Bulog Ekspor Beras Kemasan 250 Gram ke Arab Saudi Pekan Depan)

Dengan kerja sama ini, Suharso berharap ada kemudahan bagi petani dan nelayan membeli kebutuhan sehari-hari dan keperluan produksi lewat e-wallet. Dia mengatakan petani dan nelayan nantinya bisa membeli kebutuhannya tanpa menunggu pendapatan dari hasil panen dan tangkap mereka. 

Selain itu, kerja sama ini akan mampu mendorong petani dan nelayan Indonesia merambah tahap komersialisasi hasil budidaya (off farm). Sebab, program ini bakal memberikan akses pasar bagi petani dan nelayan.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...