Turis Asing Turun Akibat Corona, Luhut Janjikan Paket Wisata Domestik

Image title
10 Februari 2020, 13:42
luhut binsar pandjaitan, pariwisata, virus corona
Katadata
Ilustrasi, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi IDE Katadata 2020 di Grand Balroom Kempinski, Jakarta, Kamis (30/1). Luhut menyebut pemerintah telah menyiapkan paket wisata untuk turis domestik demi menggenjot sektor pariwisata yang menurun akibat virus corona.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah mempersiapkan paket pariwisata untuk pelancong domestik. Sebab, kunjungan turis asing terus turun sejak mewabahnya virus corona.

"Kami bersama Kementerian Pariwisata buat paket-paket wisata untuk domestik," kata Luhut saat ditemui di kantornya, Jakarta, Senin (10/2).

Advertisement

Hal itu merupakan arahan Presiden Joko Widodo agar sektor pariwisata bisa segera pulih. Di sisi lain, Luhut berharap virus corona bisa segera teratasi seiring berjalannya waktu.

"Saya kira tim sudah bekerja. Perintah Presiden Jokowi, melihat daripada kosong, kasih diskon saja," kata dia.

Selain memberikan paket-paket wisasta untuk domestik, pemerintah meminta maskapai penerbangan memberikan diskon ke tiga tujuan wisata terdampak, yakni Bali, Sulawesi Utara, dan Bintan. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko sebelumnya mengatakan Kementerian Perhubungan meminta maskapai penerbangan menurunkan harga tiket pesawat ke tiga lokasi tersebut.

(Baca: Analis: Dampak Virus Corona Ancam Sektor Industri hingga Pariwisata)

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement