Meski Modal Asing Mengalir Masuk Rp 226 M, IHSG Hanya Naik Tipis 0,04%

Happy Fajrian
11 Februari 2020, 18:03
ihsg hari ini, ihsg naik, virus corona,
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
IHSG naik tipis 0,04% pada Selasa (11/2) salah satunya ditopang dana asing yang mengalir masuk dengan deras Rp 226 miliar.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) bergerak relatif flat pada perdagangan Selasa (11/2) dengan hanya mencatatkan kenaikan 2,31 poin atau 0,04% ke level 5.954,39. Sementara itu bursa saham Asia lainnya naik cukup tinggi.

Analis Indopremier Sekuritas, Mino, mengatakan kenaikan tipis IHSG sore ini lantaran investor masih cenderung berhati-hati mencermati perkembangan virus corona di dunia.

“Meskipun market global dan regional cenderung positif, tapi investor dalam negeri masih cenderung hati-hati, sehingga indeks hanya naik tipis,” ujarnya di Jakarta, seperti dikutip Antara, sore ini.

Adapun bursa saham regional Asia hari ini dipimpin oleh indeks Hang Seng Hong Kong yang naik 1,26% dan Kospi Korea Selatan naik 1%. Sedangkan indeks Shanghai Composite dan Strait Times sama-sama naik 0,39%. Indeks Tiongkok terus menanjak setelah awal bulan ini sempat jatuh hingga 7,72%.

(Baca: Analis Sebut Tak Ada Hubungannya Virus Corona dengan Laju Indeks Saham)

Meski demikian Head of Investment Spesialist PT Manulife Aset Management Indonesia Freddy Tedja mengatakan bahwa tidak ada hubungan yang kuat antara kinerja indeks saham dengan wabah virus corona.

“Berkaca dari dua kejadian epidemi sebelumnya (SARS dan MERS) terlihat tidak terlalu ada hubungan antara pasar saham dengan wabah,” kata Freddy.

Dia mengatakan bahwa kinerja indeks yang turun cukup dalam sejak awal tahun ini yang seiring dengan meluasnya infeksi virus corona di dunia, lebih karena ketakutan sesaat investor saja. Setelah wabah ini berlalu, indeks akan naik lagi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...