Jokowi Resmi Lantik Laksdya Aan Kurnia Jadi Kepala Bakamla

Dimas Jarot Bayu
12 Februari 2020, 15:25
kepala bakamla, jokowi, aan kurnia
Dimas Jarot
Presiden Joko Widodo lantik Laksamana Madya TNI Aan Kurnia sebagai Kepala Bakamla. Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/2). (Foto:Dimas Jarot)

Presiden Joko Widodo alias Jokowi resmi melantik Laksamana Madya TNI Aan Kurnia sebagai Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/2). Aan dilantik menggantikan Laksamana Madya TNI (Purn) Achmad Taufiqoerrochman yang menjabat sejak September 2018 dan memasuki masa pensiun.

Prosesi pelantikan Aan diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden 17/TPA Tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi di Lingkungan Bakamla  tertanggal 23 Januari 2020. Setelah pembacaan Keppres, Aan mengambil sumpah jabatan yang dipimpin langsung oleh Jokowi.

Advertisement

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia dan taat kepada UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada negara,” kata Jokowi diikuti Aan.

(Baca: Jokowi Lantik Aan Kurnia sebagai Kepala Bakamla Hari Ini)

Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara secara simbolis. Kemudian, Jokowi dan para tamu undangan yang hadir memberikan ucapan selamat kepada Aan.

Dalam kesempatan ini turut hadir Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, dan Wakil Ketua MPR Arsul Sani.

Informasi pengangkatan Aan telah disampaikan Jokowi sejak pertengahan Januari lalu kepada wartawan. Ketika itu Jokowi mengatakan pemilihan mantan Kepala Staf Komando Armada Timur ini melalui proses Tim Penilaian Akhir (TPA). 

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement