Berkah Perang Dagang Tiongkok, Indonesia Ekspor 11.904 Unit CCTV ke AS

Rizky Alika
14 Februari 2020, 12:42
Kamera pengawas atau 'closed circuit television' (CCTV) terpasang di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (23/1/2020). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menerapkan tilang elektronik atau 'electronic traffic law enforcement' (ETLE) untuk pengend
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Kamera pengawas atau 'closed circuit television' (CCTV) terpasang di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Memanasnya perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok beberapa bulan lalu membawa berkah bagi industri elektronik dalam negeri. Indonesia mengekspor 11.904 unit atau 1.488 set kamera pengintai (close circuit television/CCTV) ke AS guna memenuhi permintaan pasar. 

“Perang dagang membuat pasokan produk elektronik dari Tiongkok ke pasar Amerika Serikat berkurang,” kata Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kementerian Perindustrian (Kemenperin) R. Janu Suryanto seperti dikutip dari siaran pers, Jumat (14/2).

Ke depan, pihaknya akan terus mendorong industri elektronik di dalam negeri untuk memperluas pasar ekspor, selain ke Negeri Paman Sam.

(Baca: Kesepakatan Damai Dagang AS-Tiongkok Diteken, Ini Beberapa Poinnya)

Janu mengatakan, peningkatan nilai pengapalan produk manufaktur menjadi solusi cepat untuk memperbaiki defisit neraca perdagangan sekaligus mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional. Langkah ini sejalan dengan program prioritas pada peta jalan Making Indonesia 4.0.

Pada 2019, ekspor produk industri pengolahan mencapai US$ 126,57 miliar atau menyumbang sebesar 75,5% terhadap total ekspor Indonesia sebesar US$ 167,53 miliar. Sedangkan, nilai ekspor kelompok produk komputer, barang elektronik, dan optik mencapai US$ 1,1 miliar, naik tipis dibandingkan 2018 sebesar US$ 1 miliar.

“Kami meyakini, nilai ekspor dari produk elektronik akan meningkat di tahun ini,” ujar Janu.

Optimisme tersebut dikarenakan potensi pasar elektronik masih terbuka lebar, termasuk ke negara nontradisional.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...