OJK dan Pelaku Bursa Kaji Pembentukan Satgas Masalah Pasar Modal

Image title
14 Februari 2020, 23:10
OJK, Pasar Modal, Pembentukan Satgas
Arief Kamaludin|KATADATA
idx bursa saham

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengadakan pertemuan dengan beberapa pihak terkait pasar modal di kantornya pada Jumat (14/2) sore. Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar satu jam tersebut terdapat usulan pembentukan task force atau satuan tugas (satgas) guna merespons cepat masalah di pasar modal.

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, pertemuan tersebut dihadiri oleh Bursa Efek Indonesia (BEI), Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), dan Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI). Direksi perusahaan manajemen investasi dan perusahaan efek pun turut hadir, termasuk Asosiasi Pelaku Reksa Dana dan Pelaku Investasi Indonesia (APRDI) dan Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia (APEI). 

Informasi tentang wacana pembentukan satgas tersebut disampaikan oleh Ketua APEI Oktavianus Budiyanto. “Tadi salah satunya ada mau bikin task force, ada usulan seperti itu,” kata pria yang akrab disapa Oky tersebut usai menghadiri pertemuan.

(Baca: Terbelit Jiwasraya, Ada Sekuritas dan Asuransi yang Gagal Bayar?)

Ia menjelaskan, satgas tersebut bisa menjadi wadah pertukaran informasi antar pelaku pasar modal dan regulator, dan menjadi sumber informasi satu pintu. "Biar semua jadi satu pintu, manageable, semua bisa sama-sama kasih berita positif. Kalau ada (task force) ini, bisa sharing informasi kalau misalnya ada kasus, tidak merembet ke mana-mana," kata dia.

Namun, belum ada keputusan terkait siapa saja yang bakal tergabung dengan satgas tersebut. Menurut dia, pihak-pihak yang hadir dalam pertemuan tersebut bisa saja menjadi anggota. "Intinya mau kumpul, gather semua issue agar bisa kasih solve," ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...