Paparan Radiasi Nuklir Terdeteksi di Perumahan Batan Indah, Tangerang

Happy Fajrian
15 Februari 2020, 13:20
radiasi nuklir, perumahan batan indah, radioaktif nuklir, batan, bapeten
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Lokasi ditemukannya paparan tinggi radioaktif di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (14/2/2020).

Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) mendeteksi adanya paparan radiasi nuklir di lingkungan Perumahan Batan Indah, Tangerang Selatan, Banten. Temuan tersebut berdasarkan pemantauan menggunakan alat mobile RDMS-MONA pada 30-31 Januari 2020.

Kepala Biro Hukum, Kerja Sama, dan Komunikasi Publik Bapeten Indra Gunawan menjelaskan bahwa pihaknya melakukan uji fungsi alat tersebut secara rutin untuk menjamin keandalannya.

Advertisement

Pengujian pun dilakukan di wilayah Pamulang, Perumahan Dinas Puspitek, Daerah Muncul dan Kampus ITI, Perumahan Batan Indah, dan Stasiun Kereta Api Serpong.

“Secara umum nilai paparan radiasi lingkungan pada daerah pemantauan menunjukkan nilai normal. Namun pada saat dilakukan pemantauan di Perumahan Batan Indah, ditemukan kenaikan nilai paparan radiasi,” jelas Indra dalam keterangan tertulisnya, Jumat (14/2).

(Baca: PT PAL Kembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Laut di)

Kenaikan paparan radiasi tersebut terjadi di lingkungan area tanah kosong, di samping lapangan voli blok J, Perumahan Batan Indah. Tim uji Bapeten pun melakukan pengecekan ulang dan penyisiran di daerah tersebut untuk memastikan tingkat radiasi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement