Laba Anjlok untuk Cadangan Kredit Seret, Harga Saham BTN Kian Tertekan

Martha Ruth Thertina
17 Februari 2020, 14:53
BTN, Harga Saham BTN, Laba BTN 2019, Laba BTN Anjlok

Harga saham Bank Tabungan Negara (BBTN) semakin tertekan setelah perusahaan menyampaikan penurunan drastis laba tahun lalu. BTN hanya membukukan laba Rp 209,26 miliar, anjlok 92,5% dibandingkan tahun sebelumnya.

Harga saham BTN terus bertengger di zona merah sepanjang perdagangan awal pekan ini. Saham BTN sempat jatuh ke harga Rp 1.685 per lembar, anjlok 4,53% dibandingkan posisi penutupan perdagangan akhir pekan lalu. Meskipun, koreksi saham BTN tercatat mengecil hingga ditutup pada level Rp 1.735 per lembar.

Penurunan ini menunjukkan masih berlanjutnya tren penurunan harga saham BTN yang sudah terjadi dalam hampir sebulan belakangan. Jika dibandingkan dengan harga per akhir tahun lalu, harga saham BTN saat ini telah terkoreksi 18,16%.

Selain BTN, bank pelat merah lainnya yaitu Bank Rakyat Indonesia (BBRI) juga mengalami koreksi tajam pada perdagangan hari ini. Harga saham BRI ditutup pada level Rp 4.490 pada sesi pertama, anjlok 1,32% dibandingkan penutupan perdagangan sebelumnya. Hingga saat berita ini ditulis, harga saham BRI masih tertekan.

Seiring koreksi harga saham dua emiten bank pelat merah ini, indeks harga saham sektor finansial terkoreksi. Saat berita ini ditulis, indeks sektor finansial turun 0,24%.

NPL Melambung, Laba BTN Anjlok 92,5%

Laba bersih BTN anjlok 92,5% dari Rp 2,8 triliun pada 2018 menjadi Rp 209,26 miliar pada tahun lalu. Penurunan laba emiten berkode saham BBTN ini disebabkan oleh kenaikan biaya pencadangan akibat kredit seret (NPL) yang membengkak.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...