Rentetan Peristiwa Longsor di Jalan Tol Cipularang

Sorta Tobing
17 Februari 2020, 14:13
longsor cipularang, kemacetan cipularang, tol cipularang
Ahmad Yunus (Katadata)
Ilustrasi. Tol Cipularang di kilometer (KM) 118 sempat mengalami kemacetan panjang pada Minggu (16/2) akibat penyempitan jalur pasca longsor pada 11 Februari 2020.

Arus kendaraan di Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang atau Cipularang kilometer (KM) 118 hari ini, Senin (17/2), telah kembali normal. Sehari sebelumnya kemacetan panjang terjadi di jalan itu akibat penyempitan jalur pasca longsor pada 11 Februari lalu.

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Kombes Saptono Erlangga mengatakan pada akhir pekan kemarin, jalur yang menuju Jakarta terpantau padat hingga kawasan Tol Pasteur. “Kalau sekarang sudah seperti biasa,” katanya, seperti dikutip Antara.

Akibat kemacetan yang panjang, para pengguna jalan sempat diimbau menggunakan jalur aternatif. Pengendara mobil dapat memakai jalur Lembang-Subang-Purwakarta-Tol Cikampek atau Padalarang-Cianjur-Puncak.

Peristiwa tanah longsor terjadi pada pekan lalu di wilayah itu, tepatnya Kampung Hegarmanah, RT 02/RW 04, Desa Sukatani, Ngamprah, Bandung Barat, Jawa Barat. Jarak antara gugurnya tanah dan bahu jalan tol hanya sekitar delapan meter.

(Baca: Tol Cipularang Bermasalah, Jadwal Kereta Jakarta-Bandung Ditambah)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Barat menyatakan peristiwa bencana alam itu menyebabkan enam rumah warga rusak berat. Selain itu, lahan pertanian sawah sekitar tiga hektare dan enam unit kolam ikan serta saluran pipa air bersih 1.500 meter mengalami kerusakan. Kejadian ini juga menyebabkan satu orang mengalami luka ringan.

Berdasarkan hasil pengecekan tim BPBD, longsor terjadi karena saluran air atau gorong-gorong yang tidak berfungsi. “Dari kejadian ini ada 80 jiwa yang mengungsi ke tempat lebih aman,” kata Kepala Pelaksana BPBD Bandung Barat Duddy Prabowo.

BPBD telah melakukan penyedotan air untuk mengeringkan tanah cekungan atau kubangan sawah. Pengelola jalan tol Cipularang, Jasa Marga, juga sudah melakukan perbaikan bahu jalan sehingga aman dilalui kendaraan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...