Dinilai Berbahaya, TikTok Larang Video Prank Skull-Breaker Challenge

Cindy Mutia Annur
17 Februari 2020, 14:50
Dinilai Berbahaya, TikTok Larang Video Prank Skull-Breaker Challenge
123RF.com/Alexey Malkin
Ilustrasi aplikasi video musik pendek TikTok

Belakangan ini, pengguna TikTok marak membuat video prank atau gurauan seperti tantangan memecah tengkorak atau Skull-Breaker Challenge. Pengembang TikTok, Bytedance Technology Co melarang penggunanya membuat dan menggunggah konten berbahaya.

Juru bicara TikTok mengatakan bahwa larangan membuat konten berbahaya tertuang dalam pedoman komunitas. “Kami tidak mengizinkan konten yang mendorong, mempromosikan, atau mengagungkan tantangan berbahaya yang dapat menyebabkan cedera,” katanya kepada Katadata.co.id, Senin (17/2).

Advertisement

Perusahaan asal Tiongkok itu juga menegaskan bahwa keamanan pengguna merupakan prioritas. (Baca: Salip Facebook, Aplikasi TikTok Paling Banyak Diunduh Kedua di Dunia)

Skull-Breaker Challenge dianggap berbahaya karena dapat membuat kreatornya cedera. Tantangan ini melibatkan tiga orang yang berdiri sejajar, menyamping. Dua orang di bagian pinggir melompat terlebih dulu. Setelah keduanya mendarat, pemain tengah melompat dan akan dijegal oleh dua orang lainnya.

Dikutip dari International Business Times, para ahli mengatakan bahwa Skull-Breaker Challenge dapat mematahkan setiap sendi pemainnya hingga merobek ligament. Bahkan, tantangan ini dapat mengakibatkan kelumpuhan hingga kematian.

Beberapa pengguna TikTok menjadi korban Skull-Breaker Challenge. Siswa di Venezuela, dua remaja di Kanada, dan satu di Miami luka-luka akibat tantangan tersebut.

(Baca: Saingi TikTok, Ini Lima Keunggulan Aplikasi Tangi dari Google)

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement