Elnusa Incar Laba Rp 400 Miliar Tahun Ini

Image title
18 Februari 2020, 11:35
elnusa, elsa, laba bersih elnusa, anak usaha pertamina
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi. Elnusa menargetkan pendapatan usaha mencapai Rp 9,1 triliun pada tahun lalu.

PT Elnusa Tbk menargetkan laba bersih pada tahun ini mencapai Rp 400 miliar. Sepanjang tahun lalu, anak usaha PT Pertamina ini mencatatkan laba bersih Rp 356 miliar, tumbuh 29% dibandingkan capaian 2018. 

Target laba bersih emiten berkode saham ELSA ini akan ditopang oleh pendapatan usaha yang diharapkan mencapai Rp 9,1 triliun. Pendapatan usaha perusahaan tahun lalu mencapai Rp 8,4 triliun, tumbuh 27% dibanding 2018 sebesar Rp 6,6 triliun. 

“Melihat prospek bisnis ke depan, kami optimis bisa mencapai target kinerja tahun 2020 ini,” ujar Direktur Keuangan Elnusa Hery Setiawan dalam keterangan resmi, Selasa (18/2). 

(Baca: Ahok Buka Akses Informasi Operasional Pertamina ke Publik)

Hery menjelaskan, kinerja perusahaan pada tahun lalu dipengaruhi oleh sejumlah faktor, di antaranya penurunan harga minyak dan peralihan blok terminasi ke Pertamina.  Penurunan harga minyak menyebabkan permintaan diskon besar pada harga jasa migas perusahaan. Sementara peralihan blok terminasi ke Pertamina dan gairah aktivitas eksplorasi migas mendatangkan keuntungan bagi perusahaan.

Saat ini, 49% pendapatan perusahaan dikontribusikan oleh segmen jasa distribusi dan logistik energi, lalu 46% oleh jasa hulu migas, dan 5% jasa penunjang. Adapun jasa penunjang mencatatkan pertumbuhan mencapai 45%, dari Rp2,6 triliun pada 2018 menjadi Rp3,8 triliun.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...