Harga Emas Dunia Menanjak, Logam Mulia Antam Stagnan

Agustiyanti
18 Februari 2020, 09:36
harga emas antam, harga emas dunia, harga emas hari ini
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto
Ilustrasi. Harga penjualan kembali emas Antam naik Rp 1.000 per gram menjadi Rp 697 ribu per gram.

Harga emas Antam hari ini tak bergerak dari posisi kemarin Rp 779 ribu per gram. seiring dengan harga emas dunia yang menguat setelah lunglai pada perdagangan kemarin akibat stimulus Bank Sentral Tiongkok.

Dikutip dari Reuters, harga emas di pasar spot naik 0,3% pagi ini ke posisi US$ 1.585,3 per ons. Kenaikan terjadi setelah harga emas menurun pada perdagangan kemarin akibat stimulus yang digelontorkan oleh Bank Sentral Tiongkok guna mendorong perekonomian Negara Tembok Raksasa itu.

Advertisement

"Sementara optimisme di pasar saham agak jelas bahwa wabah ini mungkin sementara dan titik pivot sudah dekat, tetapi para investor emas belum mau bergabung dengan sepenuh hati dalam permainan ekuitas," kata analis pasar FXTM Han Tan.

(Baca: Korban Tewas Corona 1.868, Tiongkok Tunda Pertemuan Parlemen Tahunan )

Tan menyebut harga emas yang terus menanjak di atas US$ 1.550 per dolar AS dan pelemahan mata uang Asia menunjukkan bahwa masih ada kekhawatiran yang cukup besar di kalangan investor terkait potensi kejatuhan ekonomi global dari wabah vurus corona. 

Pendemi tersebut telah membunuh 1.873 orang hingga hari ini dan telah mengancam pertumbuhan ekonomi terbesar kedua di dunia itu.

Pusat-pusat keuangan utama Asia juga bergulat dengan dampak dari virus tersebut. Singapura menurunkan perkiraan pertumbuhan ekonomi 2020, sementara Jepang tengah menghadapi risiko resesi.

"Tren utama tetap positif tetapi untuk kenaikan lebih lanjut masih membutuhkan dorongan baru, karena pasar saham masih berisiko ada pada skenario," kata Kepala analis ActivTrades, Carlo Alberto De Casa mengatakan dalam sebuah catatan.

(Baca: Rupiah Diramal Melemah Tertekan Kekhawatiran Perlambatan Ekonomi Asia)

Mengutip situs logammulia.com, harga emas pada seluruh produk yang dijual Antam berdasarkan bobot tak bergerak dari posisi kemarin. Namun, harga penjualan kembali naik Rp 1.000 per gram menjadi Rp 697 ribu per gram.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement