PGI Minta Aturan Pendirian Rumah Ibadah Direvisi, Menag: Masih Relevan

Image title
18 Februari 2020, 17:47
revisi skb dua menteri, pendirian rumah ibadah, kementerian agama
ANTARA FOTO/Moch Asim
Ilustrasi aktivitas ibadah umat Kristiani di gereja. Kementerian Agama belum akan merevisi Surat Keputusan Bersama (SKB) dua Menteri tahun 2006 tentang pendirian rumah ibadah.

Seiring adanya usulan revisi terhadap Peraturan Bersama Menteri (PBM) Nomor 9 dan 8 Tahun 2006 tentang pendirian rumah ibadah, Kementerian Agama menegaskan bahwa aturan tersebut masih relevan dengan kondisi saat ini.

Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan tolak ukur dalam mentapkan beleid tersebut yakni semua orang berhak untuk memilih agama dan melaksanakan ibadahnya masing-masing, tidak boleh bertentangan dengan hak asasi orang lain dan tidak boleh bertentangan dengan undang-undang yang berlaku.

Menag mengatakan bahwa semua unsur tersebut masih terlindungi dalam aturan tersebut."Sekarang belum ada niat untuk merevisinya lagi, tapi saya kira tidak ada salahnya suatu waktu mungkin kami perlu lihat kembali," kata dia saat menggelar konferensi pers di Jakarta, Selasa (18/2).

Menurut dia, ke depan tidak menutup kemungkinan untuk mengevaluasi pasal-pasal yang terkandung pada beleid itu untuk disesuaikan dengan keadaan di masyarakat. Kendati demikian, belum diputuskan apakah akan dilakukan revisi atau tidak.

(Baca: Sri Mulyani Bebaskan Pajak Buku Agama dan Kitab Suci)

"Nanti saya kira perlu menjadi bahan kami. Penelitian dan Pengembangan (Litbang) akan melihat kembali ada yang perlu direvisi apa tidak," kata dia.

Sebagai informasi, PBM No. 9 dan 8 Tahun 2006 atau lebih dikenal dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) 2 Menteri diterbitkan Menteri Dalam Negeri Mohammad Ma'ruf dan Menteri Agama Muhammad Maftuh Basyuni.

Adapun usulan revisi SKB dua Menteri tentang pendirian rumah ibadah pernah diajukan oleh Pengurus Persekutuan Gereja-gereja Seluruh Indonesia (PGI) melalui Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD beberapa waktu lalu. PGI menilai penerapan aturan tersebut justru membatasi pendirian rumah ibadah.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...